Barusan bangun tengah malam. Bangun, kepala kok agak nyut-nyutan ya…:(. Alhamdulillah beberapa lama terus ilang… Memang salah satu yang susah kalau tinggal di negeri 4 musim buat orang Indo (at least buatku) adalah menyesuaikan waktu tidur. Kalau masih winter, malamnya panjang tapi kalau summer sebaliknya siangnya yang panjang. Susah kalau jam biologis kita patokannya matahari. Kalau di Indonesia kan lamanya siang dan malam kurang lebih sama sepanjang tahun.

Kembali ke judul posting ini, Naruto itu judul satu serial manga (apa itu manga?) yang sangat populer tidak hanya di Jepang tapi juga di luar Jepang. Serial ini biasanya sekali seminggu muncul di tabloid/majalah/koran (gak tau sebenarnya bentuknya gimana) manga terkemuka di Jepang yakni Weekly Shounen Jump yang diterbitkan oleh Shueisha.inc (warning: this site is in Japanese). Naruto mulai muncul di situ kalau nggak salah tahun 1999 dan terus berjalan sampai sekarang sudah mmm… 249 chapter… dan masih merupakan (arguably) yang paling populer. Nah salah satu habitku adalah setiap pekan nungguin satu chapter hasil scan orang-orang di internet, terus biasanya setiap akhir pekan ada grup yang bikin scanlation (scanning and translation) ke bahasa Inggris terus dibuat available di internet. Barangkali aku sudah sampai taraf otaku (istilah buat manga mania kelas berat.. :D), soalnya bolak balik baca forum naruto di narutofan ngecek apakah release terbaru sudah keluar apa belum….

Sebenarnya apa sih yang bikin aku hooked berat ama Naruto? wah nggak tau yah, yang jelas dulu waktu pertama baca terus kesengsem sampai sekarang. Gara-gara baca Naruto dari yang dicopy dari harddisknya Aryo waktu dulu satu grup ngerjain tugas JST, aku jadi demen banget baca manga berbagai judul. Sekarang di harddisk ada sekitar mmm.. 15 giga manga. (dulu lebih banyak, tapi ilang gara-gara harddiskku yang lama jebol…😦 ). Sebenarnya Naruto itu kalau dari gambarnya sih ya nggak super-super banget sih (menurutku lho). Tapi mungkin yang paling charming itu ya ceritanya. Kishimoto sensei memang storyteller yang hebat. Ceritanya sebenarnya awalnya simple. Naruto adalah seorang ninja boy berumur 11 tahun yang tinggal di desa ninja Kohona. Dia ini diceritakan awalnya sebagai anak yang bodoh, suka bikin onar, bolak balik nggak lulus ujian Ninja Academy, dst. Pokoknya banyak atribut jelek yang dilekatkan ke dirinya. Hal ini ternyata terutama disebabkan oleh peristiwa 10 tahun sebelumnya di mana waktu itu ada seekor youma (monster jahat) yaitu Nine-tailed Demon Fox (Setan rubah ekor sembilan) yang menyerang Konoha. Kyuubi atau Nine-tailed (begitu biasanya si youma disebut) ternyata sangat sakti sehingga banyak ninja kohona yang mati gara-gara amukannya. Nah waktu itu akhirnya desa Konoha bisa selamat setelah pimpinan Konoha, Hokage keempat (Yondaime) bertarung melawan Kyuubi. Disebutkan bahwa Kyuubi ini nggak bisa mati (atau terlalu kuat untuk dibunuh), jadi yang dilakukan oleh Yondaime adalah menyegel si Kyuubi di pusar seorang bayi… ya si Naruto itu. Tapi untuk ini Yondaime harus membayar harganya dengan nyawanya. Nah akhirnya si Naruto tumbuh sebagai anak dengan atribut Kyuubi di dirinya. Sebenarnya Yondaime sudah berwasiat agar Naruto tidak dipandang sebagai anak setan tapi sebagai pahlawan yang menyelamatkan desanya, tapi namanya manusia, kebencian terhadap Kyuubi akhirnya dilampiaskan ke Naruto. Memang nggak ada yang nyebut-nyebut dia sebagai Kyuubi karena dilarang keras oleh Hokage ketiga (Sandaime) yang balik jadi pimpinan Kohona dari pensiunnya setelah Yondaime mati. Sandaime ingin agar wasiat Yondaime itu dilaksanakan. Tapi kebencian orang-orang tetap dirasakan Naruto dari pandangan mata dan dinginnya sikap orang-orang terhadapnya. Akhirnya dia suka bikin onar dsb, walaupun sebenarnya ini cuma cara dia agar dia diakui sebagai manusia oleh orang-orang lain. Dan Naruto pun bercita-cita untuk menjadi Hokage agar diakui oleh semua orang di desanya.

Dari situ, ceritanya berangkat dan berjalan terus sampai… terakhir chapter 249 (akhir pekan ini mestinya chapter 250 terbit). Yang bikin cerita ini captivating adalah bagaimana plot dan twist bikin pembacanya penasaran terus, tanpa bikin ceritanya muter-muter dan membosankan. Juga character development dari tokoh-tokoh di dalam ceritanya lengkap dengan misteri masing-masing dan latar belakang masa lalu yang terus menarik untuk digali dan diungkap. Pokoknya bikin kita ngebayangin dan berspekulasi mengenai jalan ceritanya…🙂. O iya kalau mau baca scanlation-nya di narutofan tadi bisa di download kok. Tapi sst… kalo di Amerika ini sudah dilisensi lho, jadi ya kalau di sana sudah terhitung bajakan. (Sebenarnya di Indonesia pun udah diterbitkan juga dalam bahasa Indonesia oleh Elexmedia, tapi aku tetep download aja soalnya ini dalam bahasa Inggris… :D). Btw, kalau suka tolong beli komiknya ya…. support mangakanya dong…🙂