Sabtu ini gue jalan-jalan (lagi). Akhir pekan lalu gue udah ke Magdeburg dan ke Braunschweig, kemarin gue ke Berlin. Biasalah pake tiket wochen ende 28 Euro berlima bisa ke mana aja yang kita mau (in Germany of course … :)).

Terus ngapain aja??

Ya liat-liat lah…. walaupun sebenarnya yang dilihat bisa dibilang sama aja kalo traveling ke kota-kota di Eropa: city center, historical places, gedung-gedung kuno, istana-istana, gereja-gereja (Kirchen, Dom, Kathedral), museum-museum….

Tapi kata temen gue yang udah duluan tinggal di sini sesempat mungkin jalan-jalan ke mana-mana soalnya nanti kalo udah balik ke Indonesia nyesel nggak sempat mengunjungi suatu tempat. Kalo dia bilang yang penting udah “nginjak-injak” Paris, Wina, dst.

Yah kalo soal biaya sih sebisa-bisanya nabung dan menghemat… :p

Omong-omong soal Berlin, gue ngeliat bekas tembok Berlin yang udah diruntuhin orang 13 tahun yang lalu. Terus ngeliat display mengenai sejarahnya, wah ternyata manusia bisa segitunya ya…

Coba bayangin rumah loe hari ini digambari garis putih yang membelah jadi dua, sebelah sini wilayah kekuasaan negara A dan sebalah satunya lagi wilayah kekuasaan negara B. Terus tau-tau udah ada pagar kawat pemisah di garis putih itu. Terus lagi tau-tau di tempat pagar kawat itu dibikin tembok yang lama-lama terus ditinggiin. Akhirnya dua tempat itu terpisah puluhan tahun tanpa pernah bisa kontak sama sekali.

Nggak percaya kalo nggak bener-bener ngeliat sendiri….

Dan ternyata itu terjadi juga sekarang ini: Israel bikin tembok di daerah Palestina…

what a disgraceful history….

On another note: gue pengen upload foto-foto pas di Berlin tapi lagi males ….